Tutorial Mikrotik

Memisahkan Traffik Browsing Dan Game Online di MikroTik

#Langkah Konfigurasi

# MARKING KONEKSI GAME DAN NON GAME

Sekarang kita langsung saja masuk ke tahap konfigurasi yang pertama , yaitu menandai Paket Game dan Non Game di Mangle Mikrotik. Sekilas tentang Mangle (Marking) di Mikrotik silahkan cek gambar berikut ini , kalo untuk lebih jelasnya Insha Allah akan saya bahas di postingan yang berbeda.




Untuk menandai setiap paket game kita akan berpatokan pada Port - Port Game Online yang akan kita tandai. Untuk mengetahui port setiap game kita bisa melakukan secara manual dengan menggunakan Tool "Torch" dari Mikrotik. Namun bila kalian merasa susah dengan cara manual itu di internet sudah banyak yang menyediakan Informasi Port Game Online. Anda bisa cek di postingan saya sebelumnya tentang Daftar Port Game Online

Jika kalian sudah mengetahui Daftar Port nya sekarang kita masuk kebagian Marking nya , yang pertama harus kita lakukan adalah Menandai KONEKSI setiap Game Online menggunakan Mark-Connection. 


Sebagai contoh disini kita bakal marking koneksi game Dota 2 isikan protocol dan Port nya sesuai dengan Port yang ada di List. Kemudian di bagian Action pilih Mark Connection, Lalu dibagian New-Connection Mark isikan dengan Koneksi-Game.



Selanjutnya daftarkan Semua port Game yang kalian inginkan , dan dibagian Action isikan sama seperti diatas, Action = Mark Connection , New Connection Mark = Koneksi-Game.Jika sudah maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini



Selanjutnya kita akan menandai semua koneksi game tadi dengan Packet Mark, Karena nantinya Packet Mark inilah yang akan digunakan untuk Queue Tree seperti penjelasan diagram diatas. Untuk konfigurasinya silahkan lihat gambar dibawah ini , kita hanya perlu mengisikan di bagian Connection Mark = Isikan nama Connection yang tadi kita buat ( Koneksi-Game ). Lalu action nya mark-packet , New Packet Mark isikan namanya PACKET-GAME.



Sebenarnya kita bisa saja langsung menggunakan Packet Mark ini untuk masing masing Game Online , namun jika langsung menggunakan Packet Mark bisa kemungkinan terjadi Packet Loss , atau tidak ter-marking. 
( Penjelasan lebih lanjut mengenai Connection Mark dan Packet Mark akan saya jelaskan di Lain waktu :D ). 
Jika sudah maka hasil konfigurasinya akan terlihat seperti dibawah ini,


Oke Proses menandai Koneksi dan Packet Game sudah selesai. Sekarang kita tinggal menandai packet yang bukan Game Online. Untuk yang ini cukup mudah ikuti saja gambar dibawah ini , untuk penjelasannya kurang lebih sama seperti diatas. Pertama Tandai Koneksi yang bukan Game beri nama KONEKSI-BROWSING.



Selanjutnya kita tandai setiap packet untuk Koneksi Browsing tersebut. Untuk konfigurasinya ikuti langkah dibawah ini



Jika sudah maka hasil Akhir dari Marking nya adalah sebagai berikut. Untuk urutan mangle nya jangan di ubah ubah , ikuti saja seperti dibawah ini , Jadi urutan pertama adalah Koneksi dari setiap game Online , kemudian Packet dari Game Online, Setelah itu koneksi dari Non Game Online lalu disusul dengan Packet dari Non Game Online.


# MANAGEMENT BANDWIDTH

Setelah selesai me-marking packet game dan browsing selanjutnya kita akan memberikan bandwidth untuk masing-masing Packet. Disini sebagai contoh saya berlangganan speedy dengan kecepatan :

5 Mb = Download
1 Mb = Upload

Nantinya ane bakal bagi Bandwidth Download dan Upload untuk masing masing game dan browsing menjadi sebagai berikut

Download :
Browsing = 4 Mb
Game = 1 Mb

Upload
Browsing = 512k
Game = 512k

Oke langsung aja , pertama kita konfigurasikan PCQ nya terlebih dahulu. PCQ ini digunakan untuk membagi bandwidth menjadi sama rata sesuai dengan Client yang menggunakan.
Konfigurasi PCQ bisa disetting pada menu queue. Tepatnya pada tab queue type. Di tab ini, tambahkan PCQ nya.Yang perlu diperhatikan dalam PCQ adalah sebagai berikut :
§  Kind =PCQ
§  Classifier Upload = Ceklis Src-Address
§  Classifier Download = Ceklist Dst-Address

Selanjutnya kita berikan Total Download dan Total Upload bandwidth nya, Parameter yang harus diperhatikan adalah parent dan Max-Limitnya.

Parent Download = Interface yang ke Local
Parent Upload = Interface yang ke Internet


Selanjutnya kita berikan bandwidth untuk Traffic Download terlebih dahulu , isikan seperti dibawah ini. Parameter yang perlu di isi sebagai berikut

Parent = Total Download
Packet Marks Browsing = Packet-Browsing ( Sesuai dengan Packet mark yang tadi dibuat )
Packet Marks Download = Packet-Game ( Sesuai dengan Packet mark yang tadi dibuat )
Queue Type = PCQ-Download


Jika sudah kita berikan Bandwidth untuk Traffic Upload. Lakukan seperti dibawah ini. Untuk Bandwidth sebenarnya ini Optional terserah kalian ingin mengisikan berapa karena yang terpenting adalah dibagian Packet-Marks dan Queue Type nya.


Jika sudah maka hasil akhir Konfigurasinya adalah sebagai berikut. Silahkan diperiksa kembali jika tidak muncul sperti ini maka konfigurasi kalian ada yang salah.



Oke sekian dulu tentang memisahkan Traffic Game Online dan Browsing , untuk pengujiannya silahkan kalian main game ataupun browsing saja,  nanti akan terlihat ketika kalian hanya browsing maka Queue browsing saja yang akan naik sedangkan Queue untuk Game akan tetap diam , begitu pula sebaliknya




Tidak ada komentar:

Posting Komentar