#Langkah Konfigurasi
# MARKING KONEKSI GAME DAN NON GAME
Sekarang kita langsung saja masuk ke tahap konfigurasi yang pertama , yaitu
menandai Paket Game dan Non Game di Mangle Mikrotik. Sekilas tentang Mangle
(Marking) di Mikrotik silahkan cek gambar berikut ini , kalo untuk lebih
jelasnya Insha Allah akan saya bahas di postingan yang berbeda.
Untuk menandai setiap paket game kita akan berpatokan pada Port - Port Game
Online yang akan kita tandai. Untuk mengetahui port setiap game kita bisa
melakukan secara manual dengan menggunakan Tool "Torch" dari
Mikrotik. Namun bila kalian merasa susah dengan cara manual itu di internet
sudah banyak yang menyediakan Informasi Port Game Online. Anda bisa cek di
postingan saya sebelumnya tentang Daftar Port Game Online
Jika kalian sudah mengetahui Daftar Port nya sekarang kita masuk kebagian
Marking nya , yang pertama harus kita lakukan adalah Menandai KONEKSI setiap
Game Online menggunakan Mark-Connection.
Sebagai contoh disini kita bakal marking koneksi game Dota 2 isikan protocol
dan Port nya sesuai dengan Port yang ada di List. Kemudian di bagian Action pilih Mark Connection, Lalu dibagian New-Connection Mark isikan dengan
Koneksi-Game.
Selanjutnya daftarkan Semua port Game yang kalian inginkan , dan dibagian
Action isikan sama seperti diatas, Action = Mark Connection , New Connection
Mark = Koneksi-Game.Jika sudah maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini
Selanjutnya kita akan menandai semua koneksi game tadi dengan Packet Mark,
Karena nantinya Packet Mark inilah yang akan digunakan untuk Queue Tree seperti
penjelasan diagram diatas. Untuk konfigurasinya silahkan lihat gambar dibawah
ini , kita hanya perlu mengisikan di bagian Connection Mark = Isikan nama
Connection yang tadi kita buat ( Koneksi-Game ). Lalu action nya mark-packet , New
Packet Mark isikan namanya PACKET-GAME.
Sebenarnya kita bisa saja langsung menggunakan Packet Mark ini untuk masing
masing Game Online , namun jika langsung menggunakan Packet Mark bisa
kemungkinan terjadi Packet Loss , atau tidak ter-marking.
( Penjelasan lebih lanjut mengenai Connection Mark dan Packet Mark akan
saya jelaskan di Lain waktu :D ).
Jika sudah maka hasil konfigurasinya akan terlihat seperti dibawah ini,
Oke Proses menandai Koneksi dan Packet Game sudah selesai. Sekarang kita tinggal
menandai packet yang bukan Game Online. Untuk yang ini cukup mudah ikuti saja
gambar dibawah ini , untuk penjelasannya kurang lebih sama seperti diatas.
Pertama Tandai Koneksi yang bukan Game beri nama KONEKSI-BROWSING.
Selanjutnya kita tandai setiap packet untuk Koneksi Browsing tersebut.
Untuk konfigurasinya ikuti langkah dibawah ini
Jika sudah maka hasil Akhir dari Marking nya adalah sebagai berikut. Untuk
urutan mangle nya jangan di ubah ubah , ikuti saja seperti dibawah ini , Jadi
urutan pertama adalah Koneksi dari setiap game Online , kemudian Packet dari
Game Online, Setelah itu koneksi dari Non Game Online lalu disusul dengan
Packet dari Non Game Online.
# MANAGEMENT BANDWIDTH
Setelah selesai me-marking packet game dan browsing selanjutnya kita akan
memberikan bandwidth untuk masing-masing Packet. Disini sebagai contoh saya
berlangganan speedy dengan kecepatan :
5 Mb = Download
1 Mb = Upload
Nantinya ane bakal bagi Bandwidth Download dan Upload untuk masing masing
game dan browsing menjadi sebagai berikut
Download :
Browsing = 4 Mb
Game = 1 Mb
Game = 1 Mb
Upload
Browsing = 512k
Browsing = 512k
Game = 512k
Oke langsung aja , pertama kita konfigurasikan PCQ nya terlebih dahulu. PCQ
ini digunakan untuk membagi bandwidth menjadi sama rata sesuai dengan Client
yang menggunakan.
Konfigurasi PCQ bisa disetting pada menu queue. Tepatnya pada tab queue
type. Di tab ini, tambahkan PCQ nya.Yang perlu diperhatikan dalam PCQ adalah
sebagai berikut :
§
Kind =PCQ
§
Classifier Upload = Ceklis Src-Address
§
Classifier Download = Ceklist Dst-Address
Selanjutnya kita berikan Total Download dan Total Upload bandwidth nya,
Parameter yang harus diperhatikan adalah parent dan Max-Limitnya.
Parent Download = Interface yang ke Local
Parent Upload = Interface yang ke Internet
Selanjutnya kita berikan bandwidth untuk Traffic Download terlebih dahulu ,
isikan seperti dibawah ini. Parameter yang perlu di isi sebagai berikut
Parent = Total Download
Packet Marks Browsing = Packet-Browsing ( Sesuai dengan Packet mark yang
tadi dibuat )
Packet Marks Download = Packet-Game ( Sesuai dengan Packet mark yang tadi
dibuat )
Queue Type = PCQ-Download
Jika sudah kita berikan Bandwidth untuk Traffic Upload. Lakukan seperti
dibawah ini. Untuk Bandwidth sebenarnya ini Optional terserah kalian ingin
mengisikan berapa karena yang terpenting adalah dibagian Packet-Marks dan Queue
Type nya.
Jika sudah maka hasil akhir Konfigurasinya adalah sebagai berikut. Silahkan
diperiksa kembali jika tidak muncul sperti ini maka konfigurasi kalian ada yang
salah.
Oke sekian dulu tentang memisahkan Traffic Game Online dan Browsing , untuk
pengujiannya silahkan kalian main game ataupun browsing saja, nanti akan
terlihat ketika kalian hanya browsing maka Queue browsing saja yang akan naik
sedangkan Queue untuk Game akan tetap diam , begitu pula sebaliknya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar